Social Care Hari Pertama

Jumat, 23 Desember 2011

Terinspirasi kakak-kakak kelas yang memposting kegiatan social care di blog, saya juga jadi pengen ikutan. FYI, biasanya yang mau social care itu bingung mau ngadain kegiatan apa. Lewat posting-posting kayak gitulah saya jadi punya referensi dan gambaran social care. Ya selain share pengalaman juga sih. Nah siapa tahu ada adik kelas atau siapapun yang tidak sengaja menemukan posting ini kececer di Google dan bisa dapet gambaran social care. Hahaha.

Well, tanggal 21-24 Desember 2011 sekolah saya mengadakan acara Social Care. Ya semacam kerja kelompok sosial di panti-panti, misal panti asuhan, panti jompo, panti cacat ganda, dll. Hmm... Ini memang program wajib untuk kelas XII sih. Jadi, tiap tahun insya Allah ada.

Kebetulan saya dapat di Panti Asuhan Ikhlasul Amal 2 (Ikhmal 2). Begitu saya baca dimana alamatnya... WHAT? Ketileng? Itu super duper jauh dari rumah saya di Manyaran. Menurut teman saya, Sidiq, Manyaran-Ketileng jaraknya 20 km lho.


Untuk transportnya saya numpang Ariany yang rumahnya Ngaliyan (pokoknya searah kalau dari Manyaran mau ke Ketileng). Huhuhu. Terharu dia rela boncengin saya naik motor selama 4 hari berturut-turut mengarungi luasnya Semarang. :D Thank you so much, girl!

Selain saya dan Ariany, kelompok social care di Ikhmal 2 ada Luthfi, Cacak, Dalilah, dan Jujuk (selanjutnya saya sebut kelompok Maxiimal ya). Sejak sebelum social care dimulai, kita udah bolak-balik kesana. Pertama, cari alamat (yang absurd. Berangkat, tahu tempatnya, terus langsung pulang). Yang kedua, nganter berkas-berkas dari sekolah sekalian survey ke pantinya. Mulai dari tanya-tanya data panti, tanya-tanya data anak-anak asuh, sampai nyusun rencana mau ngapain pas social care. Jujur aja kita bingung banget mau ngapain pas social care. Takutnya kalau nanti acaranya malah suwung atau sepi.

Akhirnya disepakati acara pertama sholat Dhuha berjama'ah, terus acara edukasi, dilanjut sholat Dhuhur berjama'ah, acara bebas, sholat Ashar berjama'ah, dan yang terakhir piket. Nah, bingungnya itu di acara sehabis Dhuha dan Dhuhur. Mau ngapain coba? Edukasi tu apa? Belajar? Games? Well, setelah diberi jadwal kasar itu, saya malah jadi galau sendiri (eh, galau bersama satu kelompok ding. Hehe). Mana sebelum social care itu saya banyak Try Out dari bimbel. Huuff...

Pembukaan
Setelah sholat Dhuha di hari pertama, ada acara pembukaan. Sambutan-sambutan gitu deh. Begitu si pembawa acara (yang kemudian saya tahu namanya Mas Ali) bilang, "Selanjutnya sambutan oleh kakak-kakak dari SMA 3," sret! Cacak dan Luthfi langsung nengok ke arah saya. Apa boleh buat. Nah karena saya tahu anak-anak tidak suka pidato panjang, sambutan saya singkat saja. Sip!

Ice Breaking with English?
Setelah itu, kelompok Maxiimal memutuskan untuk ngobrol-ngobrol dulu dengan anak-anak Ikhmal 2. Karena ada 30-an anak, akhirnya dibagi menjadi dua kelompok, kelompok SMP dan SMA. Cacak dan Luthfi lagi-lagi nengok ke saya pas ditanya siapa yang mau di kelompok SMA. It makes me a bit nervous. Kenapa? Saya belum bilang kan kalau Ikhmal 2 isinya anak-anak cowok semua? Yap, itulah. Cacak dan Luthfi kebagian ngobrol bareng adik-adik SMP, sedangkan saya dan Ariany kebagian mas-mas. -_-

Meskipun begitu, dua kelompok itu sempat dijadikan satu lagi karena Cacak dan Luthfi gagal mengatasi kesuwungan. Tapi selanjutnya dibagi lagi menjadi per kelompok empat orang untuk belajar Bahasa Inggris. Bukan ide yang buruk sih. Sedikit bingung sih mau ngajarin apa. Akhirnya saya ngajarin kosakata. Hehe.

Salah satu anak Ikhmal di kelompok saya sudah pada jago kok. Ada Arif, Nur, Hasan, dan Kemal. Anak yang namanya Kemal ini masih SMP, nggak kayak tiga yang lainnya yang sudah SMA. Di acara itu, dia nggak pernah ngomong kecuali nyebut nama. Waktu saya tanya satu pertanyaan, dia tetep nggak mau ngomong. Waktu saya ajak bercanda, dia juga nggak ngomong apalagi ketawa. Misteri.

Scrabble and Guitar
Kerasa ada yang kurang? Ada yang sengaja saya kurangi lho. Tahu apa?

Jujuk dan Dalilah memang nggak ada pas acara sesudah Dhuha tadi. Di panti itu ada usaha air isi ulang. Nah Jujuk bantu-bantu disana. Sedangkan Dalilah bantu-bantu ibu panti masak. Tapi sebelum Dhuhur mereka balik lagi kok.

Setelah Dhuhur, ternyata Luthfi bawa Scrabble. Langsung aja kita main bareng. Anak-anak Ikhmal 2 juga kelihatan penasaran sama mainan itu. Padahal yang main cuma lima sampai enam orang, tapi yang ngrubutin banyak banget. Mereka pada pinter main Scrabble lho.

Di panti juga ada alat-alat musik, semacem gitar, bass, drum, sampai rebana. Si gitaris AllSize, Luthfi, langsung main gitar sama anak-anak Ikhmal yang juga pinter main gitar. Jujuk juga ikutan main gitar sih. Cukup sesuatu main Scrabble diiringi gitar. Hehe.

Sayang banget nggak ada yang bawa kamera. Tapi okelah...

Piket
Sehabis Ashar ada jadwal piket. Ya intinya bersih-bersih panti gitulah.

Selesai piket, terus pulang deh. Tunggu postingan Social Care Hari Kedua ya.




-anggi-
28 Des 2011
16:47

0 komentar:

Posting Komentar

 

2009 ·Semanggi 4 Jari by TNB