Macaw, Si Cantik dan Si Pintar

Sabtu, 26 Desember 2009

Macaw. Apa sih macaw? Kayaknya pernah denger.

Hihihihi. Itu lho burung yang warna-warni. Burung yang biasanya ada di sirkus..

Jadi, macaw itu burung? Burung apa?

Hmm.. Macaw adalah burung yang termasuk dalam ordo Psittaciformes (ordo untuk burung di daerah tropis). Burung ini masih berkerabat dekat dengan burung nuri dan burung kakak tua. Biasanya burung ini ada di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Macaw ini cantik, lho. Nggak percaya? Bulunya saja berwarna warni. Sejumlah spesies macaw memiliki campuran warna bulu anatara merah, biru, kuning, dan hijau. Tetapi ada juga macaw yang berwarna gelap, seperti hitam dan coklat. Warna bulu ini ditentukan oleh spesies macaw itu sendiri. Contohnya Ara ararauna dari genus Ara (genus macaw dengan ekor panjang dan bersayap sempit) mempunyai warna biru dan kuning. Lalu ada Anodorhynchus hyacinthinus dari genus Anodorhynchus (genus dengan badan panjang dan hampir punah) yang berwarna biru di sekujur tubuhnya. Selain genus-genus tersebut, genus yang lain yaitu Cyanopsitta (biru pucat dan abu-abu), Primolius (hijau dengan perpaduan merah, biru, dan kuning), Orthopsittaca (berperut merah, dan Diopsittaca (berpundak merah).





Macaw senang sekali makan biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah-buahan. Namun, selain itu macaw juga memakan sedikit tanah liat. Hal ni dilakukannu untuk mendapatkan kalsium dan mineral lain.

Dalam hal intelegensi, macaw adalah burung yang pintar. Terbukti dari sering diikutsertakannya macaw di berbagai pertunjukan sirkus. Pasti pernah nonton kan? Kadang macaw jalan pakai sepatu roda, mengerek bendera, membunyikan bel, berhitung, bahkan mengayuh sepeda. Wah, hebat ya? Bahkan jika dilatih oleh manusia macaw mudah untuk melakukan sesuatu. Wehehehe, kalau bagitu yang pintar macawnya atau pelatihnya ya?

Nah, cantik dan unik kan si macaw ini? Namun bukan berarti hidupnya tenang-tenang saja lho. Si Cantik ini sering diburu untuk diperjualbelikan. Akibatnya macaw hampir punah. Bahkan ada spesies macaw yang sudah punah, contohnya Anodorhynchus glaucus. Wah, kasihan ya? Namun di Brazil, Costa Rica (tepatnya di San Jose), dan Puerto Rico sudah didirikan konservasi macaw.

Uh, banyak juga yang bisa kita pelajari dari macaw ya? Selain cantik, pintar itu perlu. Dan tahu nggak? Biasanya macaw berkumpul dalam jumlah besar untuk menghindari pemangsa. Wah, burung aja bisa bersatu, masa manusia enggak?

Everything has its beauty!

(berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

 

2009 ·Semanggi 4 Jari by TNB