Malang Kota Apel part 1; Taman Safari

Kamis, 30 September 2010

Yeah! Di post kali ini saya akan dibahas banyak tentang Kota Malang dan Batu. Saya tidak terlalu mengerti sih tentang pembagian daerah tersebut. Kata seorang pemandu wisata saya waktu SMP, kota Batu sudah berdiri sendiri. Jadi bukan masuk daerah Malang lagi.
Oke, itu sekilas aja tentang Batu dan Malang.

Well, saya wisata ke Batu tanggal 25 September 2010 hari Sabtu kemarin. Ini kedua kalinya saya pergi kesana. Tuh, saya sudah ngasih clue kan kalau saya sudah pernah kesana waktu SMP? Hihihi. Tapi nggak ada bosennya deh, soalnya tempat wisatanya bagus! :))

Langsung cap cus saja.
Rombongan saya berjumlah sekitar 400 orang. Wuiih! Tak lain tak bukan adalah keluarga besar Dinas ESDM Provinsi Jateng (keluarga besar? Ya, pada gitu sih nyebutnya. Hehe). Itu kantor ibuku. Karena banyaknya peserta, maklumlah kalau 3 hotel dibabat habis. :D Ada Hotel Regent, Kartika Graha, dan Montana. Saya mendapat Hotel Kartika Graha. Hotelnya bagus, lho. Nyaman untuk ditinggali (lho?). Lha lho lha lho, malah kayak Benu Buloe.

Hmmm, obyek pertama yang saya kunjungi adalah Taman Safari Prigen. Hiks, ini pertama kali saya ke taman safari setelah sekian lama mendambakannya (lebay mode : on). Tapi bener deh, aku seneng ke taman safari. Kenapa? Karena banyak hewannya. Apalagi hewan yang aneh-aneh dan endemik. Saya kan suka hewan yang endemik. Hehe.

Setelah sekitar 1 jam perjalanan dari hotel, saya masuk ke pintu gerbang taman safari yang berbentuk taring besar. Masuk kesana tentu tidak berjalan kaki kalau tidak mau diterkam singa. Langsung naik bis aja deh jadinya.

Warning! Setelah ini Anda akan melihat gambar-gambar hewan dalam arti sebenarnya!


Mulai dari hewan-hewan yang biasa ada di buku dongeng fabel seperti buaya (bukan Bu Aya lho), zebra yang kata adik saya warnanya kayak zebra cross (ya iyalah), raawwrrr harimau, singa yang juga lambang zodiak sekaligus snack kesukaan saya, dan jerapah.

Sampai hewan-hewan endemik seperti :

Lama gelama (kiri) dari India yang suka meludah kalau digoda. Ih, sok jual mahal deh. Hihi. Oh iya, katanya ludah si lama ini bau. Errr, saya belum pernah diludahi sih, makanya saya bilang katanya.

Rusa totol-totol (kanan) yang cuma ada di daerah-daerah tertentu di Asia. Kalau saya bilang sih kayak rusanya Santa Claus. Habis itu tanduknya lucu sih. Eh, malah kata adik saya rusanya kena panu. -___-


Ada juga crown crane (kiri). Lihat itu mahkotanya cantik kan?

Dan jangan lupakan orang utan (kanan) dari negeri kita tepatnya Kalimantan. Dia tahu tuh, begitu ada rombongan lewat dia langsung berpose. Mungkin karena pose lucunya itu, dia banyak diambil manusia. Menurut WWF, populasi orang utan di Kalimantan Barat turun separuh dalam kurun waktu 2004 hingga 2010 dari 2000 menjadi 1000. Coba cek ini.

Oh iya, ada juga pose hewan yang unik, yaitu beruang yang lagi "berhubungan". Paham kan? Jadinya saya nggak mau ngepost gambarnya ah.

Oh iya, Taman Safari Prigen ini tempatnya bersih dan hewan-hewannya terawat. Bahkan ada kawat-kawat halus yang sengaja dipasang supaya hewan-hewan itu tidak pating tlecek. Di pohon-pohon juga ada kawatnya lho, tapi cuma buat hewan berkuku sih. Tujuannya supaya hewan-hewan itu nggak gatel garuk-garuk batang pohon.

Setelah Itu...
Makan. Eh? Iya serius, makan.

Tepatnya acara gathering sih. Inti acaranya sebenarnya disini. Family gathering gitu deh di taman safari. Jadi tempatnya itu seperti aula dan kayaknya emang dibuat untuk acara-acara seperti ini. Di tempat gathering itu banyak toko yang menjual souvenir ala taman safari lho.



Saya juga berfoto dengan burung kakak tua. Kalau cuma foto sih tidak masalah, yang jadi masalah (err, yang sebenarnya bukan masalah sih) itu kalau mau foto sambil megang burung. Harus bayar Rp10.000,00 per 2 burung. Karena kepingin, ya nggak papa deh sekali-kali.





Oke, sekian dulu posting saya. Bersambung di part 2 ya. Nanti di part 2 saya akan cerita tentang tempat yang bagus. Kata kunci : bersinar, seru, malam. Apa hayo? Udah bisa nebak?


01/10/2010



1 komentar:

Archivist of Sidiq's Life mengatakan...

Sudah terlalu jelas.
Batu Night Spectaculer kan.

4 Oktober 2010 pukul 08.05

Posting Komentar

 

2009 ·Semanggi 4 Jari by TNB